Home » , » Tutorial Aplikasi Database Mahasiswa

Tutorial Aplikasi Database Mahasiswa

Written By Unknown on Senin, 16 Juli 2007 | Senin, Juli 16, 2007

Untuk membuat sebuah Applikasi Database Mahasiswa dengan Access itu sangat mudah, dibandingkan dengan Pemograman liannya seperti Visual Basic. Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil. Misalnya Program untuk Kasir di koperasi, penjualan untuk toko. Sebelum mulai belajar jangan lupa berdoa dulu kemudian Tanamkan pada diri anda bahwa Microsoft Access itu gampang dan mudah dipelajari. Kuatkan keyakinan pada diri anda bahwa anda dapat menguasainya.
Di Microsoft Access ada bagian apa aja sih…?
  1. Table digunakan untuk menyimpan data
  2. Query digunakan untuk memanipulasi data
  3. Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dll.
  4. Report digunakan untuk membuat laporan
  5. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.
  6. Switchboard digunakan untuk mendisign Menu
Bagaimana memulai microsoft Access…?
  1. Klik Start pilih Program lalu pilih Microsoft Access
  2. Setelah terbuka klik Blank Database, pada jendela file new database isikan nama file yang diinginkan misalkan Mahasiswa (Untuk membuat aplikasi Pengentrian data Mahasisawa di sebuah pendidikan) Kita sudah membuat database dengan nama Mahasiswa tetapi database itu belum dapat digunakan untuk itu kita perlu membuat Tabel, Form, Query, Report dan Macro bila Perlu.
Tabel

Apa itu table..?
"Tabel adalah tempat meyimpan data, contohnya data barang di simpan di tabel barang. Kenapa kita harus membuat tabel...? Karene kalau kita tidak membuat tabel kita tidak dapat meyimpan data, jika tidak ada data yang di simpan maka data tidak dapat di proses."
Apakah Query itu...?
"Query adalah permintaan data kita berupa bahasa bisnis, untuk mengolah data dalam tabel(-tabel) menjadi satu informasi yang bisa dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh customer yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja, atau pada dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan pada query yang telah ada."
Apa sih manfaat dari Query itu...? Dengan query kita dapat :
  1. Menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya kita hanya ingin melihat data pada table Mahasiswa yang Nim nya “MA001
  2. Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat antara table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nim “01200506” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil data dari table Mahasiswa dan Table Nilai, Sebagai penghubungnya adalah field NIM. Dapat melakukan operasi perhitungan.
Itulah tiga fungsi utama query. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan Form.
Apa yang di maksud dengan Form..?
"Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows. form dalam access bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika bekerja dalam transaksi master-detail."
Berikut ini adalah contoh Appikasi Databse Mahasiswa yang telah saya buat dengan dengan menggunakan Microsof Word. Jika Anda berminat untuk belajar dan mencoba silahkan Anda Download disini Tutorial Database Mahasiswa
Share this article :

49 Your Comment :

  1. Tidak ada judul? kaya lagu bang iwan nih :)

    BalasHapus
  2. ms acces, gw ga pernah bisa tuh. Dan kenapa juga gw ga mood ma tuh program :(

    BalasHapus
  3. @Agushery : Judulnya judul-judulan kang..!! he..he.

    @M-File : Karena mas ga seneng dengan microsoft access dan ga pengen belajar MS Access, Makanya ga bisa.

    BalasHapus
  4. wahhh

    kacau juga ya kalau sampai kena worm kayak gitu

    BalasHapus
  5. harus bljr lagi nich, uda lupa smuanya hehehhee

    BalasHapus
  6. yupssss, musti banyak-banyak belajar nihhhh

    BalasHapus
  7. Makasih mas, sekarang aku uda mulai paham

    BalasHapus
  8. bagus mas, makasih lagi nyari nih

    BalasHapus
  9. tolong kirim langsung dong tutorial ms accesnya ke e mail saya di ayk.1112@gmail.com atau hermansyah.agiama@makingroup.com atau dekaido.rider@gmail.com.sebelumnya terima kasih ya

    BalasHapus
  10. thanks bantuannya,, klaw database pakai delphi ad gx???

    BalasHapus
  11. Mas... boleh kirim tutorialx ke alamt "rori_santos2008@yahoo.com" ini Ga...?
    Gue pengen belajar nih....
    Tolong di kirim ya...?

    BalasHapus
  12. mas...
    ada tutorial yg lebih lengkap ndak buat bikin aplikasi sampai bisa jadi sebuah sistem pake ms.access?

    trus tutorial buat bikin form sama report gitu..
    saya maau dong mas..

    BalasHapus
  13. thanks ilmunya. Boleh minta di emailkan tutorialnya ke email saya? r_titin@ymail.com Terima kasih sebelumnya. Semoga ilmu yg disebarkan bermanfaat utk banyak orang :)

    BalasHapus
  14. rgregrgrgertgertgjdfcklajsdlkfjaskjfdalksdjfaslkdjfsalk jaksljfdklasjfdsadfsakljfsalkfjsl;kfjaslk;jslkajfskaljfksdfasdfkahsdjfhsjdhfajsdhfajshfdajshgfajsgfasgfdgsadjhfgshjfghasfgeyrywtfruywtfryuqtdfghsafghajsfdajhgfjsahjahjdjgakfgsafsagfdgsafhjsagfkasgfsakdfgsajhfgksadfgksa

    BalasHapus
  15. penjelasan nya terlalu singkat kalo bisa tambahin ma sample
    maksih

    by ubaymataram

    BalasHapus
  16. saya baru sebulan kenal internet, tapi sya tertarik dan butuh dg bahasan yg anda kuasai ini ttg microsof, bisa online ga ? saya pengen nanya2

    BalasHapus
  17. @lennym : Silah kan post disini aja mbak, insya Allah saya jawab sebisa saya, thank udah komen :)

    BalasHapus
  18. aku uda lewati semua prosesnya tapi untuk tahap akhirnya yang saya tidak dapatkan tool barnya di access 2007, untuk startup hasil keseluruhannya ...... gimanatu ? kalau pake accees 2003 bisa yang masalah kalau pake 2007

    BalasHapus
  19. @Udin Masagala : nanti saya upluad yang versi ms. access 2007nya deh...di tunggu aja mas :D thanks sudah mau mampir :)

    BalasHapus
  20. mas boleh minta tutorial ms accesnya,,saya mau buat TA "aplikasi pembayaran SPP" minta tolong ya mas,,kirim ke email saya di krisna_edu@yahoo.com..
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  21. mas aku juga mau dong tutorialnya,,tolong kirim ya mas dhede_h2o@yahoo.com
    semoga ilmu'y bermanfaat ...amiin

    BalasHapus
  22. mas atau bwat smuanya? mohon bantuan tutorial access u aplikasi penjualan kompi n accsories, atau penj kompi n stock? nantinya saya pke VB6.0.... Help... kirim ke: ryan_smile@ymail.com

    BalasHapus
  23. Bung EP, saya akan sangat berterima kasih jika berbagi tutorial ms accsses 2007 untuk database karyawan. Terima kasih. yebe1981@yahoo.com.

    BalasHapus
  24. mas, aq pengen tau bikin database dr access tp kok ga ada panduan nya ya..
    klo ada gih aq mau dunk... thx.

    BalasHapus
  25. klo ada kabar kirim email dunk ke cepehawe@yahoo.com
    thx ya mas...

    BalasHapus
  26. minta tutorial nya dong om

    thanks

    send to : paktua22@gmail.com

    BalasHapus
  27. mas
    boleh minta tlg dikirim tutorialnya?
    saya lagi tertarik bgt ma ms access skrg, tp masi bingung dasar2nya gmn
    tlg krm ke
    khairul.rizza@yahoo.com

    thanks ya mas

    BalasHapus
  28. Ada Gak Tutorial Lain Yg Langsung dengan cara Pengumpulan data.., Input Data.. Pembuatan DataBase.. Sekalian Cara Pembutan aplikasiNya...

    BalasHapus
  29. salam kenal untk semuanya... kebetulan sy lg belajar access dan telah mendapatkan hasil dari latihan. barng kali ada yang mau lihat2, sbg bahan pertimbangan/perbanding. aplikasinya sy kasih nama uktubuu 5a. http://abidin75.wordpress.com atau langsung unduh http://www.ziddu.com/download/12111365/Uktubuu5a.rar.html
    http://www.ziddu.com/download/12108976/Tutorialuktubu5.pdf.html

    BalasHapus
  30. kok ga bisa didownload ya, tolong kirim ya mas ke email saya di dhyka_goodboy@yahoo.co.id
    thx

    BalasHapus
  31. mas eko cara bikin query gimana sih,...? aku kok selalu gagal,...

    BalasHapus
  32. File download tutorilanya ko ga bisa alias sdh terdelete..?
    pls kirim ke email aku ya mas....one.kliknet@gmail.com
    trims sekali....

    BalasHapus
  33. kalo ada yg mw tutorial access bisa ke MicroNova.blogspot.com.saya sudah buat aplikasi POS dan SPP

    BalasHapus
  34. "Berikut ini adalah contoh Appikasi Databse Mahasiswa yang telah saya buat dengan dengan menggunakan Microsof Word"...??????

    Bisa y buat aplikasi db dengan Ms Word???

    BalasHapus
  35. mas... tolong kirim mas ke email saya ya.gak bisa download.
    try.nandy@yahoo.com chim'z sebelumnya...

    BalasHapus
  36. Pesen satu omm....

    "The file You are looking for... may be deleted by the user or by the Adminstrator !"

    Mohon Contohnya,klu gk sekalian tutorialnya.
    SenTo:Chen1Chip@yahoo.com

    Thanks..

    BalasHapus
  37. sayang sekali link download nya ga bias dibuka alias sudah di delet mas..

    Ga jadi deh anda berbagi dengan kami..

    BalasHapus
  38. kebetulam saya bekerja di bidang penidikan, sekarang ini saya lg butuh program untuk memasukan data siswa, mas bisa bantu saya untuk mengirimkan ke emil sya dhiara_alya@yahoo.com,,,, terima kasih mas sebelumnya

    BalasHapus
  39. Mas aku yang bingung di Ms.Acces itu waktu buat query yang dihubung2kan antara query 1 dengan yang laen,trus yang aku nggak bisa sama sekali yaitu bikin source codenya. ampun dah.....maklum nggak pernah skolah komputer sih...... :-D
    aku belajar bikin database untuk perpustakaan skolah....kalo nggak keberatan kirim via email ya...{boymaesan@yahoo.co.id}
    thank's sbelumnya

    BalasHapus
  40. aku mo nanya, gimana caranya bikin editbutton di form access 2007? pakai command button? terus diapain?
    Thank's before

    BalasHapus
  41. mas,fileya ilang.bisa minta tolong diupload lagi atau dikirim langsung ke alamat email saya di hudadebono@gmail.com.

    oo, iya mas mohon pencerahannya.saya pengin belajar cara membuat checkbox di form,jdi data yg ditampilkan hanya yg terpilih dari checkbox tersebut.
    terimakasih atas informasinya.


    bestregards,


    huda

    BalasHapus
  42. informasinya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  43. Terima kash banyak mas..untuk ilmunya..saya mau tanya..bisa ngga saya diajarin cara buat database untuk idul adha.kalau bisa tolong dikirim ke email saya sunny_jj@ymail.com..Terima Kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  44. mas. bisa tak seandainya access 2007 dibuat simpeg untuk pns. kalau bisa tolong dong dikirim tutorialnya ke fadixz123@gmail.com

    BalasHapus
  45. gk ush bingung2..beli j buku tutorial basicny bnk kok skrng.ditoko buku low gk dipocin no bejibun..lgian tutorial via mbh google ja numpuk.klau mo saik lgi ikutn forum & brgaul sm ank2 IT gunadarma tnpa dipugut byarn gratis..dijamin sehri smalem lngsung SEMPURNA!!!

    BalasHapus
  46. MO JAGO DATA BASE???? SERING2 GAOL+NONGKRONG BARENG ANK GUNADARMA FAKULTAS KOMPUTER.TANYA AJA SEANTERO JAKARTA SIPA SI YG GK KNAL MHASISWA GUNDARMA..

    BalasHapus
  47. mas aku minta jg dong tutorial cara bikin program spp dari acces 2007 lengkap ya ke email : hdr71@yahoo.com ,tank's

    BalasHapus

News & Updates

Baca PostingBaca update terbaru via RSS FEED
Baca Lewat e-mailPengertian RSS FEED?

Daftarkan E-Mail Anda untuk Update terbaru Eko Priyanto Weblog's Serta Tips & Trick Web Design!

Follower

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Eko Priyanto Weblog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger